tugas sejarah

Tugas 2

No
Tokoh
Penjelasan Singkat
1
Homerus
Seorang pengarang sastra kuno yang terkenal. Karyanya yang terkenal diantaranya illyas dan Odyssea
2
Minos
Bentuk tulisan yang dikenal masyarakat pulau kreta. Nama minos diambil dari nama seorang raja besar dari kerajaan ini yaitu raja minos
3
Sophocles
Seorang pengarang cerita sandiwara yunani yang terkenal
4
Lycurgus
Orang yang menggariskan corak kehidupan Sparta
5
Iskandar Zulkarnaen
Raja Macedonia yang memimpin ekspansi ke daerah timur. Dalam waktu singkat pasukannya dapat menguasai Thebe,Babylonia,Susa,Persia,sampai ke Indus. Ia menanamkan pengaruh Yunani melalui Hellenisme
6
Socrates
Seorang Filsuf Yunani dengan ajarannya tentang ilmu kebijakkan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar  untuk membahasnya.
7
Remus dan Romulus
Pendiri kota Roma,kedua tokoh ini adalah anak dari Rhea Silva yang termasuk keturunan Aeneas (seorang pahlawan kota troya yang berhasil menyelamatkan diri ketika diserbu dan dikalahkan oleh bangsa Yunani)
8
Julius Caesar
seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania.Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah  perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, dan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Dia menjadi dictator  seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.
9
Octavianus Augustus
Ia adalah kemenakan sekaligus ahli waris Yulius Caesar. Ia masuk dalam elit kekuasaan setelah Caesar terbunuh. Setelah menjadddi kaisar pertama Romawi. Ia bergelar Augustus(yang maha mulia)
10
Justianus
Pada pemerintahannya Kekaisaran Romawi Timur mencapai masa kejayaannya.
Menjadikan kota Konstantinopel sebagai kota terindah dan terkaya di Dunia
Meletakkan dasar-dasar hukum Yunani  yang lebih dikenal dengan nama Corpus iorius(Codex Yustianus)





No.
Bangunan
Penjelasan
1
Labyrinth
Ibu kota kerajaan dan istana Knossos dibuat dalam bentuk Labyrinth (rumah siput), sebagai suatu upaya untuk menjamin keamanan.
2
Acropolis
dataran tinggi berbatu setinggi 156 m, dan ada beberapa reruntuhan bangunan kuno yang dulunya adalah kuil yg menjadi pusat sejarah Athena. Mulai dibangun 1.300 tahun SM. Acropolis sebenarnya sebuah kota kecil yang permai, sampai kerajaan Persia menghancurkannya di tahun 480 SM. Setahun kemudian tentara Yunani mengalahkan Persia dan membangun ulang kuil-kuil itu. Antara tahun 467 sampai 404 SM, bangunan tersebut selesai dibangun. Pada tahun 1834 Athena menjadi ibukota Yunani, raja Otto menetapkan Acropolis sebagai bangunan arkeologi yang dilindungi
3
Altis
Tempat suci, dikenal dengan istilah Altis, terdiri atas kompleks beberapa bangunan sederhana yang tidak dihias. Di dalam temenos (kawasan suci) terdapat kuil Hera (disebut Heraion/Heraeum) dan Kuil Zeus, terdapat pula Pelopion dan altar, tempat upacara pengorbanan dilakukan. Hippodrome dan stadion terletak di sisi timur.
4
Coloseum
adalah sebuah peninggalan sejarah berupa gedung pertunjukan yang besar/amphitheatre yang termasuk salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan.” Terletak di Ibukota Negara Italia, Roma, bernama asli “Flavian Amphitheatre”, didirikan oleh Raja Vespasian dan terselesaikan oleh anaknya Titus. Di Colosseum pada saat itu adalah tempat penyelenggaraan sebuah pertunjukan yang spektakuler, yaitu sebuah pertarungan antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera). Selama ratusan tahun itu, diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Colosseum
5
Parthenon
kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.

Komentar

Postingan Populer