tokoh pemikiran dalam postmodern




Tokoh-tokoh pemikiran kriminologi aliran post-modernisme
1.      Jacques Lacan
Jacques Lacan (1900-1981), merupakan tokoh kunci dari perkembangan analisis postmodern perancis. Kontribusi Lacan adalah bahwa suatu simbol (subjek) erat hubungannya dengan wacana dia yang berkontribusi pada pewacanaan . Pemikiran Lacan ini merusak konsep  “individu” dalam pendekatan yuridis yaitu orang yang rasional. Bagi Lacan realitas manusia didasari oleh 3 tingkatan yang berpotongan yaitu the simbolik (bidang alam bawah sadar, wacana, hukum tertua), the imajiner (bidang konstruksi imajiner termasuk konsepsi diri dan orang lain), orde nyata (pengalaman hidup diluar dari simbolisasi akurat).
Kontribusi yang besar Lacan ke budaya kontemporer adalah ajarannya tentang retorika "kinerja" dan "kognisi," melakukan dan mengetahui. "Revolusioner" dimensi pedagogi Lacan untuk Felman (1987) adalah dialogism dari performatif dan konstatif, bagaimana inpractice mereka merusak, mendekonstruksi, namun menginformasikan satu sama lain. Interaksi lakukan dan kehancuran membentuk dasar dinamis, Felman kata, psikoanalisis yang "kebaruan dapat dihilangkan", dan tak henti-hentinya me"revolusioner" alam. Membangun wawasan ini, Lacan telah menunjukkan harus adanya struktur seperti bahasa, karena perilaku manusia memanifestasikan interaksi dialektis pengalaman sadar dan bawah sadar, penulisan ganda yang yang berlaku di luar apa yang dapat pernah diketahui di saat itu.
2.      Michel Foucault
Foucault sangat dikenal karena karya-karya kritisnya mengenai institusi social peripheral (pinggiran), penjara, rumah sakit jiwa, kegilaan, ilmu-ilmu kemanusiaan, dan sejarah seksualitas. Pemikiran Foucault tentang kekuasaan, hubungan kuasa, pengetahuan dan diskursus serta arkeologi pengetahuan banyak di perbincangkan dalam kajian post-strukturalisme.
Dalam bukunya the order of things;an archaeology of Human sciences (1966),Foucault membahas konsepsi sejarah dan memperkenalkan istilah genealogi sejarah, sebuah istilah yang di pengaruhi oleh gagasan genealogi Nietzsche. Menurut Foucault, genealogi sejarah adalah konsepsi sejarah yang secara sadar mendelegitimasi masa kini dan memisahkannya dari masa lalu. Tujuannya adalah untuk menghapuskan delegitimasi masa kini sehingga dapat menemukan perbedaan khas masa lalu dan masa kini. Ketika teknologi kekuasaan masa lalu di uraikam secara rinci , maka asumsi- asumsi masa kini yang memandang masa lalu sebagai “ irasional” akan runtuh.
Dalam bukunya yang lain madness and insanity; History of madness in the classical age (1961) Foucault meneliti sejarah kegilaan dan peradaban masyarakat barat. Menurut Foucault kegilaan sebenarnya memiliki sumbangan tersendiri terhadap peradaban barat. Berdasarkan pnelitian yang dilakukannya, menurut Foucault, genealogi kegilaan sejak abad ke -17 M memperlihatkan telah terjadinya praktik pemenjaraan moral yang dilakukan melalui mekanissme disiplin dan penghukuman orang-orang gila. Penghukuman orang-orang gila, sejatinya bukan sekedar pemenjaraan fisik semata , namun lebih dari itu adalah sebuah praktik pemenjaraan moral.
Melalui bukunya Discipline and punish: The birth of the prison (1975) menurut Foucault telah terjadi monarkis ke kuasaan mode kekuaan mode pelaksanaan kekuasaan disipliner. Dalam masyarakat feudal, kekuasaaan pengadilan tidak banyak menahan pelaku kejahatan, namun hukuman di berikan secara spektakuler sehingga orang lain takut untuk melakukan kejahatan yang sama. Inilah mode kekuasaan monarkis. Foucault percaya bahwa pengalaman yang menyenangkan tersedia aktor dengan meningkatnya peluang untuk mencerminkan , percobaan , dan merumuskan ( Rabinow 1997 , 37 ). Foucault menunjukkan minat yang tinggi dalam ‘Power’ yang dimiliki oleh individu melalui institusi spesifik dibandingkan oleh negara. Hal ini menyatkan bahwa Foucault telah meninggalkan pandangan Marxist yang saat itu ada. Studinya terhadap ‘Power’ merupakan hasil dari pengalamannya berada di RS Jiwa dan penjara, merupakan dua area yang memiliki hal penting dalam bidang Kriminologi. Dalam analisis ini Foucault mendemonstrasikan bahwa tidak akan ada Power tanpa pengetahuan.
3.      Lyotard
Jean Francois Lyotard adalah pemikir filsafat dan social Perancis yang mulai meletakkan dasar argumentasi filosofis dalam diskursus postmodernisme. Melalui bukunya yang telah menjadi klasik, The condition of postmodern : A Report on knowledge (1984). Lyotard mencatat beberapa cirri utama kebudayaaan postmodern. Menurutnya, kebudayaan postmodern di tandai oleh beberapa prinsip yakni; lahirnya masyarakat komputerisasi, runtuhnya narasi-narasi besar modernism, lahirnya prinsip delegitimasi, disensus, serta paralogi.
Menggarisbawahi sifat transformative masyarakat komputerisasi yang lebih terbuka, majemuk, plural dan demokratis, Lyotard selanjutnya menyatakan bahwa kebenaran yang di bawa oleh narasi-narasi besar ( Grand Narratives) modernisme sebagai metanarasi kini telah kehilangan legitimasinya. Hal ini karena dalam masyarakat kontemporer, sumber pengetahuan dan kebenaran pengetahuan tidak lagi tunggal. Realitas kontemporer tidak lagi homolog ( Homo: satu dan logi : tertib, nalar ) melainkan paralog ( para : Beragam, dan logi : tertib nalar ) (awuy, 1995). Pengetahuan dan kebenaran kini menyebar dan plural. Konsekuensinya, prinsip legitimasi modernisme harus di bongkar dengan prinsip delegitimasi. Dengan legitimasi , berarti  diakui adanya berbagai unsure realitas yang memiliki logikanya sendiri. Dengan legitimasi , menurut Lyotard, prinsip lain yakni disensus menjadi lebih bisa diterima ketimbang prinsip consensus seperti ditawarkan Juergen Habermas. Lyotard mengakui adanya persinggungan postmodern di modern. Hal ini dipengaruhi oleh eksposisi Kantian yang luhur , dan Nietzschian yang menekankan pada " kehendak untuk berkuasa" Lyotard melihat versi modernis etika dan epistemologi ( berdasarkan alasan) sebagai dasar bagi keadilan dan kebenaran sebagai totaliter logika ( Drolet 1994) . ). Untuk mempromosikan keadilan, lawan bicara harus tetap terbuka untuk "terus-menerus melakukan pembaharuan "(Britt 1998).
4.      Jean Baudrillard
Menurut Baudrilland, perkembangan kapitalisme lanjut semenjak tahun 1920-an menunjukkan perubahan dramatis karakter produksi dan konsumsi dalam masyarakat consumer. Dalam era ini, segala upaya pada penciptaan dan peningkatan kapasitas konsumsi melalui permassalan produk, differensiasi produk dan manajemen pemasaran. Dalam masyarakat konsumer , objek-objek konsumsi yang berupa komoditi tidak lagi sekedar memiliki manfaat (nilai guna ) dan harga (nilai tukar)seperti dijelaskan Marx. Namun lebih dari itu ia kini menjadi symbol gaya hidup, prestise, kemewahan, dan status social pemiliknya. Postmodernisme tidak hanya merujuk pada sebuah perkembangan intelektual, tetapi juga menunjukkan sebuah ekspresi kebudayaan. Karenanya, ekspresi budaya masyarakat kontemporer lalu disebut sebagai budaya postmodern. Jean Baudrillard menyebut era kontemporer sebagai sebuah era yang dikuasai oleh tanda, sehingga tanda menjadi lebih penting daripada makna. Masyarakat yang berada dalam era ini oleh Baurillard disebut sebagai masyarakat massa. Pekerjaan awal Baudrillard (1968) meneliti konsumsi massa dalam kapitalisme monopoli maju di mana objek atau komoditas "Melahap" konsumen dalam "persepsi, pikiran, dan perilaku" (Best dan Kellner 1991, 113). Tema ini baru dalam pemikiran Baudrillard (1970) selanjutnya bekerja di mana ia lebih dekat mempelajari cara dimana barang yang mencolok sebagai objek tanda, membentuk dasar dari realitas kita sehari-hari, mengorganisir dan merupakan eksistensi kita menjadi budaya konsumen massal yang dimediasi.
5.      Helene Cixous
Seiring dengan feminis Perancis seperti Luce Irigaray dan Julia Kristeva, karya Cixous 'mengacu pada tulisan-tulisan Jacques Lacan. Model Lacanian keluar dari pekerjaan psikoanalis Sigmund Freud dan ahli bahasa struktural Perancis Ferdinand de Saussure. Pentingnya rasi ini dari teori adalah minat dalam menghubungkan bahasa, jiwa dan seksualitas. Feminis Perancis menemukan tulisan Lacan untuk menjadi tanah untuk analisis dan sebuah situs untuk kritik. Teori Lacan mengembangkan gagasan pengembangan (laki-laki) ego dari praoedipal (non-linguistik) Imaginary ke simbolik melalui kompleks kastrasi yang baik model seksual dan linguistik. Imajiner adalah kuno sebagai ruang feminin (terhubung ke tubuh, ibu, payudara). The Symbolic dikaitkan dengan Hukum Bapa dan merupakan kondisi yang memiliki bahasa yang diperoleh dan perbedaan seksual.

Kristeva, Irigaray dan Cixous telah menemukan model ini baik. Cixous mungkin yang paling optimis tentang kemungkinan untuk Pra-oedipal atau fase Imajiner, yang mana ia menempatkan penulisan feminin, écriture feminin. Sehingga dia menolak gagasan dari feminin Imajiner yang non-menandakan atau di luar bahasa. Dia menyarankan sebaliknya bahwa feminin adalah cara penandaan yang menimbulkan pertanyaan atau mengganggu Hukum Bapa. Pre-oedipal adalah waktu sebelum penciptaan binari oposisi, oleh karena itu sebelum pengenaan kategori pria dan wanita. Pada saat yang sama, ini adalah periode yang berhubungan dengan tubuh ibu. Dengan cara ini, Cixous 'gagasan penulisan feminin dapat menjadi feminin dan non-esensialis (meskipun pernyataan terakhir ini adalah masalah perdebatan di antara Cixous' kritikus).

6.      Deleuze dan Guattari
Deleuze dan Guattari mengidentifikasi bawa negara sebagai subjek utama penindasan manusia sebagai produk kapitalisme. Tujuan utama mereka adalah untuk membebaskan realisasi keinginan manusia dari kendala buatan yang digunakan untuk menundukkan kaum atasnya dengan hubungan sosial kapitalis dan teknik normalisasi dominasi. Deleuze dan Guattari berbeda denga tokoh lain yang berkomentar (misalnya, Hegel, Freud, dan Lacan) yang melihat subjek sebagai "kurang" keutuhan atau kelengkapan. Mereka berpendapat bahwa subjek tersebut  sebagai "teknologi" yang merupakan kekuatan produktif (Terbaik dan Kellner 1991, 86-87). Ini adalah aspek yang tak terduga, penyandang, kacau, dan tidak stabil yaitu suatu keinginan yang merangsang perubahan budaya dan kreativitas.
7.      Roland Barthes
Barthes adalah salah satu teori terkemuka semiotika, studi tentang tanda-tanda. Dia sering dianggap strukturalis, mengikuti pendekatan Saussure, tapi kadang-kadang sebagai pascastrukturalis a. Sebuah tanda, dalam konteks ini, merujuk pada sesuatu yang menyampaikan arti - misalnya, kata tertulis atau lisan, simbol atau mitos. Seperti banyak semioticists, salah satu tema utama Barthes adalah pentingnya menghindari kebingungan budaya dengan alam, atau naturalisasi fenomena sosial. Tema lain yang penting adalah penting dalam berhati-hati bagaimana kita menggunakan kata-kata dan tanda-tanda lainnya.
Salah satu ciri gaya Barthes adalah bahwa ia sering menggunakan banyak kata-kata untuk menjelaskan beberapa. Dia memberikan analisis rinci dari teks pendek, kata-kata dan gambar tunggal sehingga untuk mengeksplorasi bagaimana mereka bekerja.
Sifat lain dari karyanya adalah sistematisasi konstan. Dia menyusun skema untuk mengkategorikan tanda-tanda dan kode yang ia bekerja, yang dapat diterapkan untuk membagi teks, narasi atau mitos menjadi bagian-bagian yang berbeda dengan fungsi yang berbeda. Dia menarik sesuatu seperti cetak biru dari bidang wacana ia mempelajari, menunjukkan bagaimana bagian-bagian yang berbeda terus bersama-sama. Dalam analisis Saussurean, yang sebagian besar menggunakan Barthes, perbedaan antara penanda dan petanda sangat penting. Penanda adalah gambar yang digunakan untuk berdiri untuk sesuatu yang lain, sedangkan signified adalah apa singkatan (hal nyata atau, dalam pembacaan ketat, rasa-kesan).
8.      Jacques Derrida
Derrida terutama dikenal sebagai pendukung utama dekonstruksi, sebuah istilah yang merujuk pada strategi kritis yang menggugat konsep pembedaan atau oposisi biner, yang melekat dalam sejarah pemikiran barat. Melalui dekonstruksi, Derrida mencoba meletakkan kembali kedudukan struktur dalam keadaan aslinya, yakni keadaan dimana relasi antara pusat pinggiran belum lagi mengeras. Denganya diinginkan pluralitas dan heterogenitas kehidupan yang membeku dan tertindas selama masa modernismekembali terhampar.dengan dekonstruksi,wacana-wacana yang sebelumnya tertindas: kelompok etnis,kaum feminis,dunia ketiga,ras kulit hitam, kelompok guys, hippies, punk, atau gerakan peduli lingkungan kini mulai diperhatikan dengan konstruksi, sejarah modernisme hendak di tampilkan tanpa kedok, apa adanya.
Pada tahun 1960-an, karya Derrida mulai diterima di Perancis dan di luar Perancis sebagai gerakan interdisipliner yang dikenal dengan nama strukturalisme`. Strukturalisme menganalisis berbagai fenomena kebudayaan seperti mitos, ritual agama, cerita sastra, fashion dan lain-lain. Beberapa karya derrida juga dianggap sebagai kritik terhadap pemikiran tokoh-tokoh strukturalisme seperti Saussure, Calude Levi-Strauss, dan Michel Foucault sehingga beberapa kalangan menyebutnya sebagai penyokong “poststrukturalisme”, lebih dari semua itu, terutama karena keberhasilannya membongkar sifat paradox cerita-cerita besar modernitas melalui dekonstruksi, derrida banyak di golongkan sebagai salah satu pemikir utama teori postmodern.

Daftar Pustaka
Bruce A Arrigo,Dragan Milovanovic,dan Robert C Schehr.2005.The French Connection In Crminology: rediscovering crime,law and social change.New york:State University of New York press

Cultural Studies Essays - Jacques Lacan” (http://www.ukessays.com/essays/cultural-studies/jacques-lacan.php)

Komentar

mazhabkepanjen.com mengatakan…
Mantap.. Trims ulasannya..





Filsafatmazhabkepanjen.blogspot.com

Postingan Populer