psikologi kelompok

Psikologi Kelompok
Sosialisasi kelompok
1.      Tahap menyelidiki: dalam tahap ini belum ada perubahan internal. Masih mencari cost dan benefit, social identity
2.      Proses redefinisi. Adanya suatu perubahan dari self concept ke dalam grup concept. Mulai adanya perubahan perilaku (changing in behaviour)
3.      Initiation into the group. Individu secara psikologis masuk kedalam kelompok tersebut, ditandai dengan seremonial atau ritual. Seremonial sebagai tradisi dalam status dan peran.
Funsi ritual dan seremonial diantaranya: fungsi simbolis yaitu merepresentasikan identitas, sebagai pembeda antara kita (anggota kelompok) dan mereka, memperkenalkan standar, dan mendapatkan kesetiaan.
Yang dapat membuat suatu kelompok bertahan:
·         Instrumental: kesalingketergantungan, tujuan
·         Emosional: dalam proses interaksi
Menurut Kurt Lewn, kelompok menjadi satu secara psikologis tapi juga secara interaksi.
Proses mempertahankan anggota: kohesi kelompok: keinginan individu, upaya yang diberikan seperti promosi atau family gathering. Kohesi: sesuatu yang merekatkan anggota kelompok dan mempertahankan hubungan satu dengan yang lain
Fungsi sosial: eksistensi diri mereka, norma berhubungan erat dengan tujuan kelompok
Konflik antar kelompok dan kerja sama
·         Deprivasi dan ketidakpuasan. Deprivasion theory, proposisinya adalah orang menjadi tidak puas bila merasakan adanya perbedaan antara standar kehidupan yang mereka punya dengan standar yang mereka yakini. Gap antara pencapaian dan harapan yang dapat menjadi pemicu dari keresahan sosial dan kekerasan kolektif. Deprivasi bukan kondisi absolut tetapai bergantung dari norma dalam masyarakat.

·         Prasangka (intergroup prejudice): perilaku diskriminatif terhadap anggota diluar kelompok karena keanggotaannya pada kelompok lain tersebut. Teori prejudice didasari oleh teori frustasi yang nantinya akan menyebabkan perilaku menyerang (agresi).. frustasi yang kemudian membentuk dorongan kemarahan dan akan menjadi eskalasi.

Komentar

Postingan Populer