Psikologi Kriminal

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan hewan termasuk penggunaannya dan ilmu pengetahuan ini terhadap masalah-masalah manusia.
Psikologi: Tingkah laku. Baik manusia maupun binatang, psikologi binatang juga perlu dikarenakan perilaku hewan hampir sama dengan manusia.
Perilaku adalah aktivitas dari seseorang yang dapat diamati oleh instrumen penelitian. Contohnya alat pembaca denyut nadi.
Kegunaan Psikologi
1.      Sebagai ilmu, yaitu untuk menciptakan konsep baru, dan juga menganalisis fenomena.
2.      Praktis / aplikatif, penggunaannya untuk penyelesaian masalah
Metode dalam Psikologi : Eksperimen, Observasi, Klinis, MMPI-Z, Big Five, dll
Sejarah pemikiran umum
·         Strukturalisme. Aliran ini berasal dari pemikira Wilhem Wundt dan kemudian dikembangkan oleh Edward B Tichnerner. Strukturalisme pertamakali diperkenalkan oleh Wundt setelah ia melakukan eksperimennya di laboratorium psikologi. Dalam hal ini psikologi dimaksudkan untuk mempelajari isi pikiran manusia.
·         Gestalt merupakan aliran psikologii yang mempelajari suatu gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitaas.
·         Fungsionalismel. Aliran ini mempelajari strukturnya saja. Pelopornya adalah William James. Aliran ini mempelajari fungsi dan proses mental, bukan hanya mempelajari strukturnya saja.
·         Behaviorisme. Tokoh dalam aliran ini adalah James B. Watson. Psikologi behaviorisme ini berpendapat bahwa metode instropeksi tidak dapat digunakan untuk penjelasankesadaran, karena menurutnya hal tersebut tidak obyektif. Terdapat tingkah laku yang tidak terlihat seperti berfikir dan emosi
·         Psikoanalisis. Penelitian yang berkaitan tentang hal-hal yang tidak terlihat masih dapat diamati melalui psiko analisis yang juga letaknya dibawah alam sadar. Salah satu tokohnya adalah Freud.
Perspektif dalam Psikologi
1.      Behavioral
2.      Biologi
3.      Kognitif
4.      Environmental
5.      Perkembangan
6.      Humanis

7.      Modern

Komentar

Postingan Populer